Nyontek,Makhluk apaan itu ?


Budi : “Eh cang,nomer 5 apaan ?”
Acang : “Bentar Bud ! (Nulis kertas contekan),ambil nih !! (sambil melempar)

Kertas Jatuh di Depan Pak Guru

Pak Guru : “Siapa yang melempar ini ? Budi,Acang,kalian maju !
Budi : “WTF !”

Nah,cuplikan tadi adalah contoh kejadian dimana siswa meminta contekan ulangan kepada temannya,tapi hasilnya gagal,Kasian ya ?! (Saya lebih suka bilang,”Mampus lu !”)  :D

Kembali ke Judul,“Makhluk apaan sih Nyontek itu ?”

Nyontek itu bukan makhluk bung,juga bukan semacam hewan atau alien,haha.
Nyontek itu adalah semacam istilah,dimana seseorang menjiplak sesuatu punya orang lain,demi kepentingannya.

Nyontek itu banyak untungnya atau ruginya ?

Sebenarnya kalo menurut saya,nyontek itu (sangat) banyak ruginya daripada untungnya.Mengapa ? (Beberapa diantaranya) Karena bisa timbul ketergantungan terhadap orang yang kita contek itu.
Misalkan Si A selalu bergantung sama si B pas di Ulangan C.Nah suatu saat,pas ada ulangan C,si B ternyata tidak masuk.WTF!.
Lanjut,terus,sistim kerja otak kita menurun.Karena kita kebiasa nyontek,maka kita tidak banyak menggunakan otak kita untuk mengerjakan soal soal. Inisiatif,Kreativitas,dan Kecepatan Berpikir kita jadi bobrok.

Kalian tahu Film Catatan Akhir Sekolah ? Di salah satu adegan film itu,diceritakan dimana Aria,Agni,dan Aldi (A3) mewawancarai teman mereka yang jago Fisika.

A3 : “Kok lu bisa jago Fisika sih ?”
Temannya : “Ah gak juga kok,sebenarnya saya begini juga bukan hasil dari nyontek.Seumur hidup,saya gak suka menyontek.Sebenarnya saat kalian membuat contekan atau kebetan itu,kalian pun harus juga melihat buku,gak efektif jadinya.Jadi,buat apa nyontek ?!” 

Terus terang,saya sangat suka kutipan kata itu.So,jangan biasakan nyontek ya,usaha sendiri itu lebih baik dari nyontek,meskipun hasilnya tidak seperti yang diharapkan.
Percayalah,suatu hari nanti kalian akan sukses dengan hasil kerja kalian sendiri😉

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s