Kiat Sukses Nilai Rapot

Sebenernya postingan ini udah saya bahas di blog saya sebelumnya (muhsatrio.wordpress.com),tapi blog saya disuspended karena jarang saya urus.
Oke lanjut,saya akan bahas ini kembali (dengan konsep posting yang jelas berbeda dengan sebelumnya),mengingat sebentar lagi saya dan teman seperjuangan lainnya akan menghadapi Ulangan Semester Genap.

Pentingkah Nilai Rapot ? Jelas penting,karena dari Diknas juga diberlakukannya bahwa Kelulusan UN ditentukan dari 40% nilai rapot.Nah,hati hati buat guru di sekolah yang pelit memberi nilai yang bagus kepada siswanya,karena akan berdampak juga terhadap Nilai UN sang siswa.

Bagaimana supaya rapot kita bagus ? Di Sekolah saya,ada guru yang membeberkan tentang penjabaran penilaian rapot,nah sebenarnya nilai rapot itu ditentukan berdasarkan 3 faktor ini :

1.Nilai Harian (60%)

Nilai Harian ternyata banyak mengambil peran penting dalam bagus-tidaknya nilai rapot kita.
Jadi jika ada murid yang berkata “Buat apa gue ngumpulin tugas,gak penting ini”
KAMU BENAR NAK !! , DIA SALAH BESAR !!

2.Nilai Ulangan Tengah Semester (20%)

Nah,Ulangan Tengah Semester mengambil peran 20% dalam menetukan nilai rapot kita.Tetapi jangan anggap remeh nilai UTS,karena bisa berdampak besar juga terhadap nilai rapot kita.

3.Nilai Ulangan Semester (20%)

Ulangan Semester juga mengambil peran 20% dalam menentukan nilai rapot kita.Yang harus kalian waspadai disini ialah Essay,karena essay umumnya banyak mengambil peran besar dalam menentukan Nilai Ulangan Semester kita.

Kasih tahu tipsnya dong !

Kalo dari saya pribadi,pertama tama kalian harus rajin mengumpulkan tugas harian kalian.Pokoknya saat guru memberikan tugas,jangan tunggu entar²,langsung kalian kerjakan.
Kalo perlu culik kejar gurunya,untuk menanyakan apa yang kalian tidak tahu,itu bisa jadi poin plus lho.😉
kedua,siapkan diri kalian untuk tempur di UTS.Jangan terlalu takut,umumnya soal soal UTS itu pilihan ganda semua,jadi kalian tidak usah mempelajari materi secara dalam,cukup poin pentingnya aja.
ketiga,setelah selesai tempur di UTS,siapkan diri kalian untuk Ulangan Semester,nah kalian harus mendalami materi pelajarannya,karena umumnya di Ulangan ini ada soal essaynya.
keempat,Rajin berdo’a ke Tuhan YME,atau untuk umat muslim,rajin rajin sholat malam sama puasa senin kamis,karena Usaha tanpa Do’a sama saja bohong bung !😉

Leave a Reply

