Hakikat ‘Membaca’

Membaca,pasti sudah menjadi istilah yang akrab di kalangan siswa siswi,kakak² mahasiswa mahasiswi.Dan membaca pun pasti berhubungan erat dengan buku.
Sebenarnya apa yang mau saya bahas di postingan ini ? Lihat aja judulnya,hehe🙂

Sebenarnya apa manfaat membaca ? Sangat,sangat,sangat banyak.Karena dengan membaca kita bisa tahu (sangat) banyak hal,seperti dijelaskan dalam pepatah,Membaca buku berarti membuka jendela dunia.
Dari membaca,kita bisa tahu bermacam macam hal,kita bisa tahu kalo Pangeran William udah kawin,kita bisa tahu sosok depan Kampus Sorbonne,kita bisa tahu toilet di Harvard gimana,dsb.

Dari membaca juga kita bisa mendapatkan banyak ilmu dan referensi,contohnya kakak² mahasiswa yang sedang membuat Tugas Akhir,pasti mereka banyak mencari bahan referensi dari Si Buku itu,hehe.
Membaca itu bisa membantu kita mengatasi beberapa kendala kita.

Bagaimana agar kita terbiasa membaca ?

Menurut pendapat saya,umumnya itu tergantung dari pengarahan orang tua sejak si anak kecil.

Hanya sekedar sharing pengalaman,waktu saya kecil dulu (kurang lebih umur 3 tahun),saya sering diajak Bapak saya mampir ke Toko Gunung Agung di Plaza Borobudur Bekasi Timur (jangan ditanya keadaannya,masih belum sebagus sekarang !)
Di sana saya dikasih tahu bapak,Apa itu Buku ? Manfaatnya Apa ? dsb.
Dari arahan orang tua itu,akhirnya minat baca saya terlihat. (Walaupun pas itu saya beli buku cuma dilihat gambarnya,hehe)
Kelas 1 SD, saya sudah mulai fasih membaca,dan saya semakin hobi membaca.Dan Akhirnya sampai kelas 2 SMP ini,hobi membaca saya sudah sangat akut.Buku tebel pun saya baca,asalkan itu isinya menarik,hehe🙂

Buat yang gak hobi baca,gimana dong ?

Buat yang tidak hobi membaca,biasakanlah membaca dari sekarang.
Di Sekolah kalian ada Perpustakaan ? Mampirlah kesana setiap hari.
Di Samping sekolah kalian ada Toko Buku ? Mampir !
Di Deket rumah kalian ada bursa buku bekas ? Kesana !

Intinya,dimanapun tempatnya,kapanpun waktunya,tetap biasakan membaca.Ingat,membaca itu banyak gunanya.😉

2 thoughts on “Hakikat ‘Membaca’

    • Makasih tambahannya kak..
      Betul juga,soalnya saat kita membaca pun,kita juga melatih konsentrasi kita🙂

      Bisa berdampak terhadap kemampuan kita menangkap sesuatu🙂

      Sekali lagi,terimakasih komentarnya kak !😉

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s