Matematik ? Siapa takuut !?

Untuk pembaca sekalian,adakah yang merasa ndeso dalam pelajaran matematika ? Atau lebih parahnya lagi,bagi-kali-kurang-tambah aja ndak ngeh.

Mungkin ada juga diantara kalian,yang baru lihat satu soal yang berisi angka angka tak bermakna (bagi kalian),kalian langsung traumatik,masa bodo istilahnya,haha.

Sebenarnya Matematika itu mengambil peran besar dalam persaingan pendidikan yang semakin ketat,misalnya kalian tahu Siap PSB Online ? Pada sistim penerimaan itu,bila ada 2 siswa yang bernilai NUN sama,yang ditinjau pertama kali adalah Nilai Matematika nya dulu,bila ternyata si A nilai matematikanya lebih besar,dia dapat peringkat yang lebih tinggi dari si B.

Ingin berkuliah di STEI ITB ? atau Fakultas Informatika IT Telkom ? Wah pastinya bagi yang freak komputer,2 Perguruan Tinggi itu bisa menjadi pilihan yang tepat. (Doain ya saya diterima di salah satunya,amin amin amin😀 )
Tapi kalian harus punya dasar Fisika yang kuat,dan pastinya dasar Matematika yang kuat.(Fisika dan Matematik itu satu saudara lho).Karena matkul pertamanya pasti membahas Fisika dasar dan Matematika dasar.
Dalam dunia Informatika,bahasa desktop program seperti C++,Pascal,VB6,dll dalam programnya banyak mengandalkan logika matematika dan algoritma matematika.Oleh karena itu bila kalian tertarik dengan programming,harus ngeh dulu dengan Matematika.

Kuncinya jago matematika bagaimana ?

Jangan dulu berpikir untuk jago,yang penting bisa dulu.Jangan malu karena kalian tidak bisa.Ingat,kepintaran kalian terhadap suatu pelajaran pasti berawal dari tidak bisa,so buat apa takut ?
Pak Romi Satria Wahono saja meskipun berkuliah di Jepang,tapi untuk berbahasa Jepang saja dia masih kurang fasih dan dia terus belajar dan belajar,bisa ditiru tuh !🙂 (Kok jadi ngebahas bahasa ? Biarin,intinya bisa memotivasi)
Saya juga tidak begitu jago matematika,masih banyak belajar.Tapi untuk yang ingin bisa matematik,saya ada beberapa saran.

Oke lanjut,pertama yaitu kalian harus mau belajar dan belajar,kembangkan rasa ingin tahu kalian terhadap suatu hal.Misalkan“Kok bisa 2-1 = 1 ?”
Mungkin bagi kalian itu hal yang remeh,tetapi jangan berpikir macam itu,cari tahu alasannya mengapa,dan berikan kesimpulan.
kedua,kalian harus mau latihan.Matematika itu kuncinya latihan,bukan cuma asal baca teori dan teori tok.Buku Paket Matematika kalian masih kosong plong latihannya ? Jangan diam begitu saja,isi soal soalnya,ada yang kurang bisa,cari tau caranya,semangat semangat !! (ini kasih saran apa lagi nonton bola ya ?)
Jika kalian sudah bisa di langkah kedua,Insya Allah nanti kalian akan terbiasa mengerjakan cepat soal di Ujian nanti.
ketiga,Pantang Menyerah !,sudah pasti di Matematika banyak soal soal yang susah,apalagi ada yang lupa rumus.(Bagi saya,soal bu endra itu yang paling susah,haha,soal UTS MTK ja udah kaya model soal UN !)
Lanjut,kalian jangan langsung menyerah begitu saja bila menemukan soal soal macam itu,cari tahu caranya,dicoba coba terus beberapa rumus dan kemungkinan,pasti ketemu.Jangan mengandalkan keberuntungan,andalkan otak.

Demikian tiga tips yang bisa saya kasih,kuncinya Jangan Patah Semangat.Terus berjuang bagi semuanya,semoga nanti kalian bisa menginjakkan kaki di Depan Pintu Gerbang STEI ITB (Kok STEI ITB ? Saya maunya gitu,yee,haha)
Intinya semangat,tetap berjuang !🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s