Bimbel,pentingkah ?

Menjelang kelas 9,banyak sekali teman teman saya yang mengikuti kegiatan Bimbingan Belajar  (atau biasa kita sebut ‘Bimbel’)
Mengingat di kelas 9 ini,saat saatnya berhadapan dengan UN,tentunya tidak boleh asal persiapannya.
Ada yang ke Primagama lah,ke Ganesha lah,ke Nurul Fikri lah,dll.

Kalian sendiri kemana ? Hehehe. 

Tadi waktu saya pulang sekolah saja,ada orang yang iseng membagi bagikan brosur Bimbel ke saya.
Banyak Lembaga Bimbel yang sudah mulai menjamur,tidak hanya di seantero Kota Bekasi,tetapi juga di Indonesia ini.
Jadi ingin mengupas lebih lanjut tentang Barbel Bimbel nih.

Secara garis besar,Kegiatan Bimbingan Belajar berarti Kegiatan Belajar di Luar Lingkungan Sekolah.Biasanya yang menyelenggarakan kegiatan ini yaitu yayasan/lembaga pendidikan swasta.

Apa saja yang dipelajari ? Di Bimbel ini,yang biasa dipelajari adalah materi pelajaran dasar seperti Matematika,Bahasa Indonesia,IPA,IPS,Bahasa Inggris.Semakin tinggi tingkatan sekolahnya (Baca : SMP,SMA) maka materi pelajaran yang dibahas akan lebih bercabang lagi,misalnya Ekonomi,Sosiologi,Biologi,Fisika,dll.
Sistim Belajar disana kalau boleh saya bilang sangat bervariatif,guru-gurunya banyak yang mencari sistim belajar kreatif dan asik,hehe.
Emang pernah ikut bimbel ? Gak kok,tapi waktu itu ada suatu Tempat Bimbel yang berpromosi di kelas saya,mereka banyak memberikan solusi dan tips cerdas untuk menghafalkan suatu pelajaran dengan instan,dari sanalah saya bisa ambil kesimpulan.

Pentingkah Bimbel ? Penting,terutama bagi siswa yang kurang bisa menangkap pelajaran di sekolah.Disana kita banyak diberi solusi dan tips kreatif untuk menghafalkan pelajaran pelajaran.
Buat yang sistim belajar di rumahnya kurang teratur,bisa juga ikut Bimbel,karena belajar kalian akan lebih teratur disana.
Bagi yang lemah di matematika,coba saja ambil Bimbel,siapa tahu kalian jadi jago !🙂
Pengajarnya juga kebanyakan lulusan lulusan PTN Favorit,ada yang dari ITB,UI,UGM,dsb,jadi mereka sudah berpengalaman.

Saya pribadi sampai sekarang tidak mengikuti kegiatan Bimbel,mengapa ? Bukan masalah biaya,tetapi karena saya pribadi lebih suka sistim belajar sendiri.
Bagi saya,belajar sendiri itu lebih bebas.Bisa saya sendiri yang mengatur jam belajar,saya sendiri yang mengatur sisitim belajarnya,pokoknya saya bebas mengatur sendiri.
Berbeda dengan Bimbel,yang jam belajarnya mereka yang atur,kita ikut cara belajar mereka,dsb.

Tidak masalah mau ikut bimbel atau tidak,yang penting cobalah bersaing secara sehat.Buat yang ikut Bimbel,tingkatkan prestasi kalian di sekolah dengan bekal dari Bimbel kalian itu.
Jangan Bimbel cuma asal Bimbel lho,kasian orang tua sudah bayar mahal mahal.
Dan buat yang tidak ikut bimbel,jangan kalah dari yang ikut bimbel.Kalian punya waktu banyak di rumah,manfaatkan untuk belajar,dan buktikan kalian tidak kalah dari anak anak bimbel !🙂

Jadi jangan besar kepala buat yang ikut bimbel,dan jangan minder buat yang tidak ikut bimbel.Oke ? Semangat,Sukses selalu !  :)

Leave a Reply

