Ilmu itu Mahal !

Rutinitas kita ke sekolah kita apa ? Ya belajar,tentu.Baik belajar pelajaran biasa seperti matematika,IPA,IPS,dsb.
Atau juga pelajaran tentang tata krama,misalnya berbicara yang sopan,bertingkah laku yang baik,dsb.

Semua itu adalah Ilmu,tanpa kita sadari.

Ilmu itu dimana mana,dan sepertinya gampang banget dapetinnya.Ibaratnya daun daun yang berjatuhan dari pohonnya,tinggal kitanya lompat lompat buat dapetinnya.

Bukan berarti ilmu itu pasaran,biasa dijual di pasar pasar seperti Glodok atau Tanah Abang,misalnya ‘Pak,ini pak,dijual dijual ilmu,satu renceng 50rebu,beli 2 bonus piring lho ! Ayo pak !’
Bukan bukan,ilmu itu tidak nyata.Ilmu itu abstrak,tidak terlihat dari pandangan mata kita,tetapi bisa terlihat di otak kita,juga di hati kita.Segala sesuatu yang kita lihat,kita rasakan,kita masukkan ke otak,dan jadilah Ilmu.

Misalkan kita melihat burung bersayap,nah kita merekam ‘Burung itu ternyata Bersayap’ ke memori otak kita,dan jadilah ilmu.
Ilmu itu ada,dan bersumber dari mana saja,bisa dari alam,kitab agama,cuap cuap guru kita,buku pelajaran,dan masih banyak lagi.
Mudah sekali ya mendapatkan ilmu,tapi kenapa judulnya‘Ilmu itu Mahal’ ?

Kemarin waktu acara perpisahan kelas saya,ada teman saya yang asik bicara tentang bimbel.Ya menjelang kelas 9,tentunya banyak teman teman saya yang mengikuti kegiatan tersebut.
Tentunya selain untuk referensi belajar tambahan,juga untuk persiapan UN.
Iseng iseng saya tanya ke teman saya itu soal biaya,ternyata biayanya 1juta.Hah 1jeti ? Bukan jumlah yang sedikit,hanya demi mendapatkan tambahan ilmu,ternyata harus membayar uang yang tidak sedikit jumlahnya.
Demi ilmu,banyak yang rela mengeluarkan uang banyak.

Sekolah pun juga membutuhkan uang,dengan biaya SPP per bulannya.Tentunya biaya SPP itu bukan jumlah yang sedikit.Terutama sekolah swasta
Alhamdulillah,saat ini saya sekolah di negeri,jadi biaya SPP nya sudah dibayar negara alias gratis.Terbukti dengan gencarnya gerakan BOS.
Hmm,balas budi negara saat ini tentunya harus kita bayar saat kita sukses nanti,amin.πŸ™‚

Dari semua itu,terbukti,Ilmu itu Mahal.Mudah mendapatkannya,tetapi bisa bernilai tinggi jika kita memberinya ke orang lain.

Renungkanlah,apa yang sudah diterangkan,diajarkan ibu guru kalian di sekolah.Pahami,cerna,dan simpan baik baik di otak ilmu ilmu tersebut.
Karena itu semua mahal.Dan tidak bisa ditukarkan dengan uang sebanyak apapun.Ilmu itu kekal,abadi,dan berguna hingga kalian besar nanti.

Menuntut ilmu itu ibadah,dan niscaya derajatnya akan ditinggikan oleh Allah Swt,believe it !πŸ˜‰

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s