Internet Sehat dan Aman (Sesi Seminar Kak Oki)

Iseng-iseng saya baca postingan lama blog,satu persatu saya baca,dan tibalah saya pada postingan saya yang “Goes to Seminar “Internet Sehat” – Kemenkominfo”.

Saya jadi teringat,waktu itu saya juga ingin menyampaikan materi seminar sesinya Kak Oki Setiana di blog ini,tapi karena sibuk (alasan klasik :D),jadinya terlupakan.

Dan kali ini saya akan menulis tentang materi seminarnya Kak Oki,silahkan disimak🙂

~~~

Sebenarnya Kak Oki mengisi seminar ini hanya sebentar,kurang lebih ini yang beliau sampaikan.

Manfaat dan Kerugian Internet

Manfaat :

1.Korespondensi

Korespondensi,jika kita artikan di Kamus Bahasa Indonesia,berarti Surat Menyurat.Itu termasuk salah satu manfaat internet.Dengan internet,kita bisa berkoresponden/surat menyurat dengan praktis dan instan,tanpa memakan biaya banyak.

2.Komunikasi

Jelas,Komunikasi itu termasuk salah satu manfaat internet.Contohnya dengan email,kita bisa berkomunikasi secara instan.Ditambah dengan jaringan-jaringan sosial yang muncul baru baru ini seperti Facebook,Twitter,dsb.Kita bisa berkomunikasi secara praktis dan cepat.

3.Data

Dengan Internet,kita bisa mencari data-data secara mudah.Contohnya kita bisa mencari data-data tentang modul Internet di Ilmukomputer.com,kita juga bisa mencari data-data tentang buku sekolah di BSE Kemdiknas.Dan dengan jejaring jejaring sosial,kita bisa mencari data seseorang secara mudah.Intinya,internet memudahkan kita dalam mencari data-data secara mudah dan instan.

4.Transaksi

Dengan Internet juga,kita bisa melakukan transaksi online secara intan dan mudah.Sebut saja contohnya e-banking yang sudah banyak dipakai bank bank di seluruh Indonesia.Atau kita bisa membeli barang secara online,misalnya di Amazon.com,Tokobagus.com,dsb.

Kerugian :

1.Konten

Karena kebebasan di Internet,banyak orang yang mengupload konten konten yang berbau negatif,seperti pornografi,SARA,dsb.

2.Kekerasan

Banyak kekerasan yang terjadi karena Internet.Sebut saja penghinaan unsur ras dan agama di dunia maya.Dan banyak tindakan kekerasan yang bisa terjadi di Internet.Tidak sedikit juga orang-orang yang bunuh diri karena mendapat tindak kekerasan di Internet.

3.Pencurian

Pencurian di Internet,sedang marak terjadi saat ini.Sebut saja pencurian rekening bank secara online,pencurian data akun jejaring sosial,pencurian akun email,dsb.

4.Pelanggaran

Karena kebebasan di Internet juga,banyak orang orang yang melakukan tindak pelanggaran,yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

What’s the solution ?

1.Batasi pemasangan foto/video

2.Batasi pemasangan informasi pribadi

3.Batasi Teman

4.Pasang Antivirus

5.Tidak semua informasi benar.

~~~

Demikian materi seminar dari Kak Oki yang bisa saya sampaikan.Karena sesuai pesan moderator seminar,”Sepulang dari seminar ini,tolong sebarkan materi tadi ke teman teman kalian”

Mungkin di blog ini,saya bisa sampaikan semuanya,kurang lebihnya mohon maaf,terimakasih,sukses selalu😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s