Membuat website itu mudah!

Pernahkah kalian mendengar istilah website ?

Di era global seperti ini,tampaknya kita sudah tidak asing lagi dengan kata itu.Sudah banyak sekali website website bermunculan di dunia Internet ini,sebut saja jejaring sosial seperti facebook,twitter,plurk,dsb.Juga banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang sudah membuat website,seperti Universitas Indonesia,Institut Teknologi Bandung,Universitas Gunadarma,Institut Teknologi Telkom,bahkan Universitas Cendrawasih yang terletak di pelosok timur Indonesia,sudah punya website.

Dulu waktu saya masih kecil,waktu di rumah saya masih belum dipasang Internet,waktu Internet masih belum merakyat seperti sekarang,saya selalu beranggapan ‘Keren banget,orang2 yang punya website!’

Ya,begitulah anggapan saya,keren banget orang-orang yang punya website.Bisa dikenal di seluruh dunia.Cukup dengan membuat homepage,orang-orang dari seluruh pelosok dunia bisa mengenalnya.Cukup dengan menulis artikel tentang dirinya,orang orang bisa tahu.

Website,kalo kita artikan secara bahasa,berarti Jaringan dan Situs.Berarti sebuah situs yang berada di suatu jaringan.

Membuat website itu mudah!

Seperti judul postingan saya kali ini,membuat website itu mudah.Ditambah era saat ini yang semakin canggih,membuat website pun serasa mudah saja.Kalo waktu dulu bikin website aja harus coding sendiri pake bahasa PHP,terus ditambah coding sendiri databasenya pake SQL,sekarang udah ada Dreamweaver yang bisa kita pakai buat desain website.Juga kita bisa pake CMS freeware biar gak repot.

Website bisa kita ibaratkan sebagai rumah.Kenapa rumah ? Saya maunya gitu yee😀

Oke lanjut,seriusnya,karena website itu mirip bentuknya dengan rumah,simak terus biar ngerti.Nah,bagian-bagian dari website,yaitu :

1.Domain

Domain,yaitu alamat.Alamat,yaitu domain (sama aja !?).Intinya,domain adalah alamat yang akan dipakai pada suatu website.Domain bisa mewakili pemilik website tersebut,misalkan dari suatu Universitas (contoh .ac.id),atau perorangan (.com),bisa juga dari instansi pemerintahan (.gov.id),dsb.

Jika kita ibaratkan dengan rumah,domain yaitu alamat rumahnya.Oke,mengerti ?😀

2.Hosting

Hosting itu kita ibaratkan sebagai tanah rumahnya.Tapi bedanya kalo di rumah itu satuannya pake Hektar (Ha),sedangkan di website itu satuannya Byte (B).Di hosting inilah semua file file web ditampung,baik file index,images,sampai database ditampung disini.

3.Database

Database bisa kita ibaratkan sebagai lemari di rumah kita.Di database ini disimpan seluruh data-data penting dari website.Misalnya berapa banyak user,kategori pada website,dsb.

4.CMS (Content Management System)

CMS itu bisa kita ibaratkan dengan bentuk rumah kita.Umumnya,bentuk rumah itu bermacam-macam.Ada rumah yang ditujukan untuk ruko,ada yang untuk tempat tinggal,ada yang untuk restoran,dsb.

Begitu juga dengan website.Jika kita mau website berbentuk forum,kita bisa memakai phpBB,jika kita mau website berbentuk blog,bisa pake WordPress,jika kita mau website berbentuk e-learning,bisa pake Moodle.

~~~

Sebenarnya tak hanya 4 ini bagian-bagian pada website,tapi 4 bagian inilah yang harus kalian tahu,untuk lengkapnya silahkan didownload modul Web_Developer disini.

Thanks for read it,I hope it’s useful.😀

7 thoughts on “Membuat website itu mudah!

  1. Yth Bpk/Ibu,
    Dengan ini kami menawarkan pembuatan website Toko Online untuk bisa melakukan Penjualan secara Online ,
    Dalam kesempatan ini kami memberikan beberapa Opsi dalam melakukan Pembelian untuk memberikan kemudahan kepada rekan rekan Internet Marketer/Pengusaha/Pelaku UKM yang ingin melakukan penjualan online tetapi terkendala dalam satu ataupun lain hal dalam memiliki sebuah website Pribadi/Perusahaan
    Harga Rp 100.000 sd Rp 500.000
    kunjungi website kami di http://www.sejutatoko.tk
    mudah mudahan bisa membantu dalam mempromosikan produk secara Online…

  2. senang dan bangga melihat pemuda Indonesia yang seperti ini. Mudah2an kelak bisa menjadi pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab. amin

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s