Filosofi Logika Pemrograman

Halo,kembali dengan saya.Kali ini saya menulis dengan Bahasa Indonesia.

Lah gak Bahasa Inggris ?

Dikira gak bosen apa nulis Bhs Inggris terus,haha.Bosen tau nulis Bhs Inggris terus.Sekali-sekali nulis B Indo juga gapapa,kan Cinta Indonesia ! *boongtuh

Oke,mungkin ini agak ngeles,haha😀

Hem liburan kali ini,di liburan semester 1 ini,saya lalui bersama komputer saya di rumah.Iseng-iseng bikin project dengan bahasa PHP ditambah database SQL.Ya mendinglah,daripada bengong di rumah.

Gak kebayang setiap malem saya kesetanan ngetik kode-kode yang mungkin bagi orang-orang awam kurang tahu apa artinya.Asik sih asik,tapi kalo udah ngetik berbaris-baris kode tapi programnya gak jalan atau ada yang error,kadang bikin bete.

Tap betenya itu nikmat,dan nikmatnya kadang bikin bete. (Ngerti maksudnya ? hehe)

Ada yang tahu statemen logika ? Buat kakak-kakak yang sekarang lagi kuliah di jurusan komputer,atau mungkin yang sedang belajar pemrograman,pasti tahu apa itu logika pemrograman.Logika pemrograman sangat penting dalam berjalannya pemrograman.

Bentuk logika pemrograman,seperti ini kira-kira..

if (....) {
.......... }
else if (...) {
........... }
else if (...) {
........ }
else {
......... }

Inti dari alur logika diatas,yaitu “Jika ada suatu kejadian,maka kemungkinan yang terjadi begini.Atau jika tidak begitu kejadiannya,maka kemungkinan yang terjadi begitu,dst.”

Apa yang bisa kita tangkap dari sintaks diatas ? Jelas kata if nya.

If bila kita artikan dalam bahasa Indonesia,berarti jika.

Jika..kata ini selalu akrab di telinga kita.Kita selalu menemukan berbagai kemungkinan dalam hidup,jika kita melakukan suatu hal.Jika kita melakukan ini,maka kemungkinan yang terjadi ini,jika kita melakukan itu,maka kemungkinan yang terjadi itu.

Intinya,filosofi yang bisa kita tangkap adalah,“Hidup ini selalu ada banyak kemungkinan,baik kemungkinan pertama,kedua,dan seterusnya”

Jadi,jika kita melakukan suatu hal,maka ada kemungkinan yang terjadi ya ? Betul.Logikanya jelas begitu.

Jadi kita harus memikirkan kemungkinan yang terjadi,sebelum melakukan sesuatu.Bukan sebaliknya.

Jika kita berandai-andai,seandainya kita bisa membuat logika pemrograman sesuai keinginan kita,tanpa aturan dari programnya,apa yang mau kita buat ?

Mungkin kita bisa buat seperti ini..

if (saya=malas) {
Saya tidak akan sukses }
else {
SAYA AKAN SUKSES !}

Atau seperti ini..

if (saya=egois) {
Orang-orang akan menjauhi kita }
else {
Orang orang akan mendekati kita😀 }

Mungkin seperti ini..

if (usaha_saya>usaha_orang_lain) {
Saya akan lebih sukses dari mereka }
else if (usaha_saya=usaha_orang_lain) {
Belum tentu saya bisa sesukses mereka }
else {
Saya tidak akan sukses,jika bermalas-malasan }

Dan,saya iseng mengetik statemen logika saya sendiri di notepad++..

Inilah statemen logika ala saya,mungkin ini sebuah harapan,semoga Allah lihat ini,amin🙂

Ini logikaku,apa logikamu ? (indomie mode:on)

2 thoughts on “Filosofi Logika Pemrograman

Leave a Reply

