Screenshot at 2012-04-09 17:05:23

KTurtle,aplikasi programming untuk anak

6 April 2012,

~~~

Sejak saya memakai Linux Ubuntu 11.10,mulai banyak tantangan yang saya dapat.Mulai dari mencari aplikasi-aplikasi bawaan Linux seperti pemutar lagu,video,juga aplikasi buat ngoding,dsb.Sebenernya untuk pemutar lagu sudah ada Banshee,tapi saya kurang nyaman aja,karena gabisa drop folder lagu ke aplikasinya.Makanya saya mulai mencari aplikasi lain,yang alhamdulillah sudah ada Ubuntu Software Center sebagai provider aplikasi-aplikasi tersebut.Kalo bisa sih download file .tar.gz di inetnya,tapi sayangnya,saya masih belum bisa installnya,miris😦

Mulailah saya mencoba VLC Player,tetapi kendala berada waktu play lagunya,sering ada suara kresek-kresek.Udah otak atik pengaturan sound,tapi gak ngaruh,dan akhirnya Audacious menjadi aplikasi pemutar lagu saya saat ini,gak berat dan simpel,dan pastinya nyaman,hehe😀

Untuk ngoding emang ada kendala,karena notepad++ belum ada yang dukung linux.Untungnya ada Scitex yang hampir mirip notepad++,bisa buat ngoding banyak bahasa program.

Sebelum pake scitex,saya sempet kekecoh sama suatu aplikasi yang saya kira buat ngoding,tapi ternyata bukan.Tidak lain tidak bukan namanya KTurtle.

Kturtle ini bisa dibilang aplikasi program dasar untuk anak-anak,buat yang pengen tahu cara kerja program,bisa menggunakan aplikasi ini.Atau mungkin buat orangtua yang mau ngajarin programming ke anaknya yang masih kecil,mungkin bisa pake aplikasi ini,karena sintaksnya yang gak terlalu ribet (namanya juga buat anak-anak :D)

Bisa dilihat di gambar,ada seekor kura-kura.Dengan suatu kode,kita bisa menjalankan kura-kura tersebut.Beberapa perintahnya yaitu :

  • fw = Maju
  • bw = Mundur
  • tr = Belok kanan (Pakai aturan kemiringan derajat)
  • tl = Belok kiri (Sama dengan aturan tr juga)

Contoh program sederhana,untuk membuat pola persegi

fw 100

tr 90

tw 100

tr 90

fw 100

tr 90

fw 100

Dan hasilnya begini

Ayo gerakin kura-kura kamu !😀

Leave a Reply

