Mencoba Ubuntu

1 April 2012,

~~~

Masih sempet bisa curi-curi waktu nulis,ditengah sibuknya jadwal.2 minggu lagi mulai banyak jadwal.Tanggal 20 April verifikasi berkas ke SMAN 5 Bandung,dan tanggal 23 April mulai UN.Begitu beratnya kelas 9,sangat berat sekali.Ayo semangat semangat,pasti semuanya bakal berlalu juga kok !😀

Dan akhirnya,setelah UAS pun saya ke toko buku gramedia untuk sekedar baca-baca,hitung hitung pelarian setelah berjuang menghadapi UAS.Sumpah kesel bangetdah sama soal-soal UAS,apalagi Senbud sm Bhs.Sunda,angkat bendera putih ! -_-

Setiba di gramedia,tempat pertama yang saya tuju,yaitu novel-novel yang ringan,hitung-hitung juga biar bisa rileks setelah UAS.Buku Nightmare Side 2 pun menjadi tujuan saya,kebetulan ada yang kebuka plastiknya (sayangnya saya gak beli,karena saya lagi cari buku komputer)

Lalu beralih ke bilik buku komputer,saya iseng-iseng lihat bukunya.Ah photoshop,buta desain saya.Java ?! Males,pusing abis UAS gini suruh baca kode java yang segitu rumitnya.Oke berlanjut ke PHP,udah banyak ebooknya di komp.Terus mau beli apa ?

Lalu tiba-tiba saya beralih ke buku Pintar Ubuntu.Saya jadi inget impian saya dulu,pengen install aplikasi yang legal,tapi gratis.Saya juga pernah baca majalah komputer di perpustakaan sekolah saya,katanya Linux itu selain legal,gratis,juga securitynya (sangat) bagus.Oke,karena ada bonus DVD Ubuntu 11.10 (plus KUbuntu 11.10 dan juga XUBuntu 11.10),lalu saya membeli buku itu.

Setiba di rumah,masalah kembali muncul.Ternyata Ubuntunya masih bentuk .iso.Jadi harus diburning dulu.Untung ada unetbootin,dulu pernah direkomendasiin sama ka dito.Akhirnya saya burning ke flash disk saya (Sempet kepikiran untuk burning ke DVD-R,tapi gak kebaca sama DVD ROM saya).Selesai burning,atur partisi,akhirnya saya reboot komp.

Selesai reboot,masuk ke instalasi Ubuntu,settingan saya atur ke dual boot,karena saya masih ada ketergantungan ke Windows,apalagi untuk urusan game,jelas windows jagonya.Akhirnya setelah pengaturan waktu,user,dan menunggu proses install (tidak seseram Puppylinux),akhirnya Ubuntu saya keinstall juga,yeee !!😀

Masuk ke ubuntu,ternyata hardware saya sudah dikenali semua,gak perlu install driver lagi kaya windows.Dan sudah ada paket-paket aplikasinya,dan inilah paket aplikasi ubuntu saya.

  • Musik : VLC Media Player
  • Film : VLC Media Player
  • Browser : Mozilla Firefox
  • Office : Libreoffice

Ada beberapa aplikasi yang saya tambahkan,dan semua itu sudah tersedia di Ubuntu Software Media,seperti Scitex untuk ngoding,dan GIMPshop buat editing foto.Soal keamanan di ubuntu,sangat terjamin.Jarang sekali virus-virus yang datang (kadang malah bug yg muncul),kadang kalo ada virus di windows saya,saya malah coba buka ubuntu saya,langsung virus di windows kedetect dan bisa saya hapus tanpa gangguan.

Inilah desktop ubuntu saya

Apa yang bisa saya simpulkan dari post ini ?

Selama ini kita sudah sangat bergantung pada windows,tanpa mengetahui apakah windows yang kita gunakan itu legal atau tidak.Apakah itu asli atau tidak,atau juga apakah itu diizinkan atau dilarang.Padahal dalam undang-undang sudah dijelaskan bahwa memakai barang yang tidak legal adalah dilarang (Lengkapnya baca disini).Mari kita beralih ke aplikasi legal,sehingga kita bisa tenang dalam menggunakannya.

Jujur,saya masih ada ketergantungan dengan windows.Tetapi meskipun demikian saya tetap berusaha sesering mungkin lebih membuka ubuntu daripada windows.Bahkan saat saya menulis post ini di LibreOffice Write di Ubuntu.Beginilah proses adaptasi,butuh waktu.Pelan tapi pasti..

Akhir kata,ada yang mau coba Ubuntu ? Ayo coba ! Udah keren,legal,gratis lagi.Go open source !😀

6 thoughts on “Mencoba Ubuntu

  1. Semoga bukunya bermanfaat dik, tunggu buku saya selanjutnya, masih membahas tentang Ubuntu tapi kali ini temanya sudah kelas berat, yaitu membangun infrastruktur IT perusahaan dengan Ubuntu Server.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s