Cerita Seleksi Olimpiade Sekolah

Akhirnya ada waktu buat nulis, kali ini saya pengen berbagi cerita nih soal seleksi yang baru dilaksanakan di sekolah saya, yaitu : Seleksi Olimpiade Sekolah. Akhirnya penantian yang saya tunggu-tunggu,hehe. Karena pas MPLS dulu, saya paling gencar nanya soal itu, penasaran kapan seleksi olimpiade diadakan, dan sekaranglah saatnya penantian itu terjawab.

Saya mengambil bidang Informatika/Komputer. Yap, bidang yang sudah saya tekuni sejak SMP, dan sekarang kesampaian juga buat ikut seleksinya. Sempet grogi karena takut kelas 10 gak diajak buat seleksi, tapi ternyata seleksinya terbuka untuk semua kelas.

Ada seleksi, pasti ada persiapan. Ibaratnya pancing dengan umpannya. Persiapan saya apa ? Awalnya bingung sih mau latihan dari mana. Karena OSK aja bentuknya masih matematika logika ditambah algoritmika sederhana. Akhirnya download soal-soal OSK (kebetulan ada di web toki). Karena di web toki waktu itu soal OSK cuma ada yang 2010, saya cari-cari yang 2011 dan 2012 di internet. Alhamdulillah ketemu, dan juga pembahasannya yang 2012.

Selesai nemu soal, lalu apa ? Ya kerjain. Karena dari SMA 5 belum ada TOKI, saya usaha sendiri buat nemuin jawabannya. Begadang abis belajar pelajaran sekolah buat ngotak ngatik soal OSK. Tak luput saya cari-cari pembahasannya di blog kaka-kaka alumni TOKI, makasih banget ga pelit ilmu di blognya😀

Dalam 3 minggu habislah OSK 2010-2012 saya kerjain, walaupun ada beberapa yang bolong-bolong karena emang susah banget. Tapi agak puas karena soal algoritmika dengan mudah saya pahami polanya😀

~~~

Skip day, langsung saja ke tanggal 10 November 2012 (tanggal cantik,ah gapenting,wkwk), dimana seleksi olim sekolah diadakan. Jam setengah 7 hadir, ketemu sama si fikry, temen FCC yang ikut seleksi olim komputer juga. Masuklah ke ruangan 15 kelas XI-D. Awalnya sempet tegang karena takut yang ikut seleksi olim sekolah komputer banyak, gataunya cuma 5 orang. Alhamdulillah banget dikit saingannya, maklum yang ikut seleksi olim di SMAN 5 kebanyakan milihnya mapel mafikibi (matematika,fisika,kimia,biologi).

Oke, tes TPA sebanyak 20 soal, alhamdulillah gampang. Selesai TPA, akhirnya tes yang ditunggu-tunggu, tes bidang olimpiade. Begitu saya buka, wah soal OSK 2010-2012 yang udah saya pelajarin keluar semua. Beberapa soalnya juga sudah pernah saya bahas di blog ini, cari sendiri :p. Okay, 23 soal aritmatika logika dan 2 soal algoritmika. 2 soal algoritmika kejawab dengan tuntas tas tas, senengdah. Terus 18 soal aritmatika logika kejawab. Emang ga semuanya sih keisi, maklum suruh nulis pembahasannya (saya kelamaan nulis pembahasannya, waktunya jadi abis,wkwk). Akhirnya solved, pede dengan jawaban yang diisi.

Perjuangan masih panjang, mudah-mudahan mah lolos tingkat sekolah. OSK didepan menanti, persiapan harus matang.

Buat ka kandito, beneran ya kalo sampe pelatnas ditunggu makan gratisnya :p

4 thoughts on “Cerita Seleksi Olimpiade Sekolah

  1. Bisa tolong kasih tau apa nama blog kaka Toki, al@ sy bingung udah di cari-cari pembahasan soal osk 2012 gx ketemu
    tolong di bantu y
    trimakasih:-)

    • untuk blog anak TOKI yang biasa bahas soal OSK,jarang sih,lebih sering bahas soal-soal di contest

      coba buka sicasli.com,dia ngebahas soal OSK tapi gatau tahun berapa😀

      OSK 2012 juga saya kerjain sendiri tanpa tahu bener apa enggak,hehe

Leave a Reply

