Evaluasi pelajaran,dan janji lainnya

8 bulan berlalu setelah hari pertama gw menginjak gerbang SMA ini. Banyak suka-duka yang gw laluin di SMA, terutama soal pelajaran. Well, di SMA ini gw jarang (banget) nemu waktu yang pas buat coding, haha. Susah deh nemu waktu yang pas. Senin-Jum’at malemnya udah fokus ke PR. Sabtu ke ekskul, dan waktu yang bisa gw pake buat coding itu cuma pas hari minggu, ga efektif banget. TLC gw udah lama gw telantarin (maaf ya akun TLC ku), dan USACO gw, ah kepikiran buat nyari solusinya, tapi gaada waktu -_-

Seperti judul di atas, gw bakal evaluasi pelajaran-pelajaran yang telah gw pelajarin di SMA ini. Gw cukup menikmati semester 2 ini, ya pokoknya gw mulai berjuang lebih keras buat naikin nilai-nilai mapel gw yang (alhamdulillah) ga terlalu jelek-jelek amet, tapi sungguh mimpi buruk bahwa nilai rapot gw di mapel IPA hanya satu yang +2 KKM, aaa sial. Sedangkan nilai mapel IPS gw +2 KKM semua, hiks ini nilai bagus yang (sebenarnya) tidak terlalu diharapkan. Soal nilai mapel IPA yang (umumnya) pas KKM, iyasih, soalnya nilai ulangan harian gw pada jeblok semua. Kacau dah, beda sama pas SMP dulu.

Oke gw mulai evaluasinya.  Untuk Kimia, wah ini sungguh perubahan besar. You know, nilai UTS Kimia gw pas semester  1 itu 28, bener itu nilai ulangan terjeblok yang pernah gw dapet seumur hidup. Tapi efeknya, gw mulai belajar keras buat memahami kimia, mulai dari hafalin kation anion, dan reaksi-reaksinya, hingga berefek ke nilai rapot gw 84! mmm gw berharap semoga ini bukan nilai katrol.

Fisika, salah satu mapel yang gw temui kesulitannya. Gw ga terlalu paham cara ajar guru fisika di kelas gw, ngasih contoh ga pake satuannya, (menurut gw) : ala bimbel banget. Pokoknya gw harus mulai latihan lagi di Fisika.

Matematika, well di semester 2 ini gw mulai mengalami banyak kemajuan. Udah mulai serius ngedalemin matematika, beda sama pas semester 1 ini. Evaluasi gw untuk matematika : udah mulai banyak kemajuan. Semoga bisa gw bayar dengan nilai rapot diatas 85! Amin! (tinggi amet,tapi gapapa lah, bercita-cita yang tinggi itu hal baik,haha).

Biologi, lumayan paham. Tapi masih cari cara buat dapetin nilai rapot biologi +2 KKM:/

Evaluasi gw sih itu. Pokoknya gw harus bisa berjuang buat dapet IPA. Amin. Dan juga lolos OSK pastinya. Mulai detik ini, gw akan membuat komitmen.

  1. PR hari ini = dikerjakan hari ini
  2. PR minggu depan = dikerjakan hari ini, kalo ga sempet ya sabtu minggu
  3. Tuntasin bank soal baik itu Fisika, Kimia, Matematika. Pokoknya harus udah belajar materi yang belum pernah dipelajarin orang lain, selangkah lebih maju istilahnya.
  4. Sekali ngerjain bank soal, minimal 10 soal terisi.
  5. Setelah bank soal keisi semua, lanjut latihan soal SNMPTN dan SIMAK.
  6. Jam coding dan ngerjain soal OSK ditambah,setelah ngerjain bank soal.
  7. Tidur, diusahakan cuma 4 jam.

Well, that’s my commitment. Pokoknya harus bisa dapetin mimpi gw di IPA dan IOI, amin.

One thought on “Evaluasi pelajaran,dan janji lainnya

  1. wahahaha…. suka banget deh sama artikel ini… senasib sama saya… IPS tuh gampang-gampang susah sih… gampangnya itu kalo pe-er tinggal googling aja, pake tips kutip 2 biar cepet, susahnya cuman ngapalin… Kalo ipa susah kalo ga dibahas sama guru… apa lagi saya ga ikut bimbel😦

Leave a Reply

