Long Time No See~

Hello, long time no see. Setelah seminggu terisi dengan ulangan harian, dan hari minggunya lomba (yang sangat mendadak), akhirnya bisa juga menulis di blog tercinta ini (ceilah), hehe. Udah pada kangen sama tulisan terbaru saya kan? Iya kan? Ngaku aja. *oke, ini maksa*

Lanjut, seminggu ulangan, otomatis ga nekunin coding. Karena ga nekunin coding, otomatis udah lupa codingan. Yang namanya bubble sort, algoritma pangkat n, dan algoritma aneh lainnya udah mulai lupa,hehe. Rumus fisika, kimia, matematika itu tidak bisa dihapalkan beriringan dengan codingan pascal. Oke, mau cerita nih soal lomba yang baru aja saya jalani. Jadi waktu hari jumat kemarin, sepulang  dari sholat jum’at, saya dapet sms dari seseorang. Tininit, saya buka aja smsnya. Isinya, “Kepada seluruh peserta KPXI Unpar, diharap besok kehadirannya untuk daftar ulang di kampus Unpar”. Oke, saya waktu itu terlihat nyantai. Saya pikir cuma daftar ulang, belum sampe lomba, karena yang saya tahu, lombanya itu sekitar bulan maret.

Nyampe di kos, buka laptop dan cek website KPXI Unpar, terlihat di clock nya, “12 hours again”. Apa?! 12 jam lagi? Begitu saya cek websitenya ternyata bener, LOMBANYA TANGGAL 16 FEBRUARI 2013. WHAT?! Saya sama sekali belum belajar buat lomba. Yaudah dengan segenap kemampuan yang ada akhirnya saya belajar. Inget-inget algoritma yang ada, wah ini bener-bener belajar mendadak banget.

Besok lomba. Udah pasrah, lolos ke final aja udah alhamdulillah banget. Lolos final juga pasti dijamin nilai saya 0 karena ga sempet belajar coding. Oke jam 8 caw ke Unpar bareng Fikry, ini pertama kali kesana. Jadi masih was-was takut nyasar, haha.

Nyampe di Unpar (dan masih tercengang karena kampusnya adem banget, keren dah), akhirnya dianterin sama panitianya. Ditanyain, “Kalian kelas berapa?” Kami berdua menjawab,”Kelas 10 kak” “Wah hebat, kelas 10 udah berani ikut lomba ini”. Kita berdua diam aja, dan ngeduga pasti yang ikut lomba ini veteran kelas 11 sama 12 semua.

Dan ternyata bener, pas sampe disana kita dikasih tas KPXI yang berisikan buku panduan dan kaos (yang saya incer di lomba sebenernya kaosnya :p). Saya cek aja data sekolahnya, wah sekolah-sekolah yang ikut kebanyakan sekolahnya alumni TOKI semua. Ada SMA Alloysius, SMAK Penabur, SMA Xaverius, dalem hati saya, “Impossible deh gw lolos”. Kata saya ke Fikry, “Geus lah fik, kita paling cuma bawa pulang kaos”.

Dan saya sempet kenalan sama 2 orang dari SMA Xaverius 1 Jambi, namanya Ricky dan Alva (dan saya ga nyadar saya sedang berkenalan sama 2 orang dewa, karena mereka akhirnya dapet juar a 1 dan 2 di lomba itu,ckck). Dan benar, mereka kelas 11, dan orang yang ikut lomba itu umumnya kelas 11 sama 12 semua.

Oke, setelah pembukaan, akhirnya lomba dimulai. Saya bersyukur karena penyisihan berbentuk PG.Karena kalo penyisihannya berbentuk soal programming, dijamin nilai saya 0 karena ga sempet belajar. Akhirnya saya buka soalnya, saya mulai ngerjain. Pas saya tanya sama kakaknya, “Kak, boleh buka FreePascal gak?” “Boleh”, wah jujur pas itu saya udah seneng banget, jarang ada lomba yang ngebolehin beginian😀. Tapi tetep saya pake FPC cuma buat soal yang susah banget, sisanya saya kerjain sendiri buat latihan OSK nanti.

Terus ada soal logika yang pake bilangan biner dengan operasi AND, OR, XOR, dan lainnya. Sebenarnya ada PDF panduannya dan disitu ada daftar tabel biner, tetapi saya ngerjain soal itu mentah-mentah tanpa melihat panduannya, haha, jujur bangga banget. Dan pas lagi makan selesai penyisihan, saya nanya ke Fikry, “Fik, eta panduan teh isina naon?” “Eta sat, aya penjelasan operasi XOR,AND,OR, sama tabel binerna oge” “Wanjir, urg ngerjain eta tanpa ngeliat panduanna” “Wanjir, maneh hafal bilangan biner kitu?” Well, ada rumus untuk mencari bilangan biner sebenarnya, hehe. :p

Oke, selesai ngerjain soal penyisihan (dan ga yakin bener apa enggak), akhirnya saya pasrahin yang terbaik karena saya juga ikut lomba ini tanpa belajar sama sekali. Dan bener, saya ga lolos penyisihan, dan Ricky dan Alva lolos. Saya salamin aja mereka, selamat ya akhirnya kalian dapet juara 1 dan 2 di kontes ini, congrats!

Well, gausah berlarut-larut ke dalam kesedihan, masih ada Compfest sama ITBPC kok. KPXI Unpar boleh gagal, tapi tidak boleh gagal di OSK nanti, semangat!😀

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s