Aplikasi Ramalan Jodoh Sederhana dengan C++

Liburan begini, iseng-iseng ngotak-ngatik kode lagi. Baru-baru ini saya belajar ngubah string ke integer, algoritmanya kurang lebih seperti ini :

….
//contoh huruf
string huruf=”testing”;
int tampung;
for (int i=0;i<huruf.length();i++) {
tampung=tampung+(int)huruf[i];
}
….

Jadi string huruf itu satu-persatu hurufnya diubah ke integer. Untuk huruf A-Z nilainya antara 65 sampai 90, dan huruf a-z nilainya 97-122, terus ditotalin deh. Bisa dicoba di C++, kurang tahu untuk pascal,hehe. Maklum udah ga pake pascal sekarang.

Ngomongin ini, saya jadi inget aplikasi ramalan jodoh yang booming waktu SD dulu. Jadi inti dari aplikasi itu, kita ngisi nama kita, terus ngisi nama (ehm) orang yang kita suka. Yang saya heran, dulu pas saya ngisi nama saya, dan ngisi nama seseorang yang kebetulan huruf awalnya ‘s’ juga, kenapa tingkat jodohnya tinggi. Sedangkan waktu saya ngisi seseorang yang huruf awalnya bukan ‘s’, tingkat jodohnya berkurang.

Dari situ saya kepikiran, yang bikin aplikasi ini mungkin menerapkan konsep algoritma ini dalam membuat aplikasi ramalan jodoh tersebut.

Karena gaada kerjaan, saya iseng juga bikin aplikasi tersebut (ga serius ya,cuma iseng). Berikut kodenya :

#include <iostream>
#include <cmath>
#include <cstring>
using namespace std;
int main() {
float aku=0,dia=0;
float hasil=0;
string nama_aku,nama_dia;
cout << "program ramalan jodoh (100% TIDAK BENAR)\n";
cout << "--------------------\n";
cout << "masukkan nama anda\n";
cin >> nama_aku;
cout << "masukkan nama seseorang idaman anda\n";
cin >> nama_dia;
//mengubah string nama_aku ke integer
for (int i=0;i<t;nama_aku.length();i++) {
aku=aku+(int)nama_aku[i];
}
//mengubah string nama_dia ke integer
for (int i=0;i<t;nama_dia.length();i++) {
dia=dia+(int)nama_dia[i];
}
//karena ditulis dalam bentuk persen,variabel aku dan dia dijadikan pecahan
//maka antara nilai integer dari aku dan dia
//dicari yang lebih kecil untuk dijadikan pembilang
//sedangkan yang lebih besar,dijadikan penyebut
if (dia<aku) {
hasil=(dia/aku)*100;
}
else if (aku<dia) {
hasil=(aku/dia)*100;
}
else if (aku==dia) {
cout << "jangan nulis nama yang sama\n"
}
//karena hasilnya komaan,maka dibulatkan supaya angkanya lebih rapi
cout << "Presentase jodoh anda dengan dia = " << (int)hasil << "%";
}

Hasil :

Screenshot from 2013-05-19 23:58:24

2 thoughts on “Aplikasi Ramalan Jodoh Sederhana dengan C++

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s