Next Destination : STEI or Fasilkom?

Tulisan ini adalah tulisan yang saya buat sewaktu kelas 10. Waktu itu masih dijadiin draft, dan akan diposting jika saya masuk IPA. Dan alhamdulillah, I got it! And I will post it🙂

~~~

Untitled

Menulis postingan ini, saya menyadari bahwa saya masih kelas 10. Bisa dibilang masih terlalu dini untuk memikirkan mau kemana nanti, penjurusan saja belum, Ya semoga saja saya bisa masuk jurusan IPA, supaya saya bisa terus mengejar mimpi saya, yaitu berkuliah di jurusan ilmu komputer, amin.

Saya menulis ini karena teringat waktu semester 2 awal diberikan form isian tujuan Perguruan Tinggi dari guru BK. Berbeda dengan teman-teman lain yang masih bingung mau kemana, saya entah kenapa dengan pedenya menulis seperti ini :

  1. STEI ITB – Teknik Informatika
  2. Fasilkom UI – Ilmu Komputer
  3. FPMIPA UPI – Ilmu Komputer

Entah kenapa hanya 3 PTN ini yang terbayang jelas di pikiran saya. Padahal masih banyak PTN jurusan ilmu komputer lain yang tidak kalah bagusnya seperti UGM, IPB, ITS, dan lainnya. Bahkan Unpad sudah membuka S1 untuk jurusan Teknik Informatika. Pokoknya semua PTN jurusan ilmu komputer tidak kalah bagusnya. Bahkan Ilkom IPB dan UGM akreditasnya sudah A. Tetapi entah kenapa hanya 3 PTN diatas yang terbayang jelas di benak saya.

Pertimbangannya, untuk STEI karena dari dulu mimpi saya di ITB, dan fakultas yang paling familiar di telinga saya yaitu STEI. Masih belum terbayang fakultas lain, hanya STEI yang terbayang jelas di imajinasi saya. Tapi untuk STEI, sayangnya dari SMA saya sedikit yang masuk STEI karena persaingannya yang lumayan berat. Ini juga yang membuat saya tidak pede.

Nah, untuk pilihan kedua yaitu Fasilkom UI. Ini saya jadikan planning 2 apabila nilai saya untuk STEI tidak mencukupi. Jadi pilihan pertama nanti antara STEI dengan Fasilkom. Mengapa Fasilkom UI? Karena dekat dengan rumah keluarga, alasan yang pertama. Kedua, peluang ujian mandirinya besar. Karena ITB sudah menutup jalur mandiri, maka hati saya mantap untuk mengikuti SIMAK UI apabila nasib saya tidak di SNMPTN dan SBMPTN. Berbeda dengan ITB yang seleksinya ke fakultas, UI seleksinya langsung ke jurusan. Lantas jurusan apa? Ilmu Komputer UI? Terlalu berisiko. Akhirnya saya mantap memilih SI UI untuk mengurangi risiko kegagalan.

Untuk nomor 3, Ilmu Komputer UPI. Mengapa UPI? Karena dekat dari kos. Dan peluang diterimanya tidak sesulit ITB atau UI. Tapi berhubung akreditasnya C, maka Ilkom UPI tetap saya jadikan pilihan kedua.

Sekian dari tulisan saya ini. Jika ada yang ingin berdiskusi soal jurusan dengan saya, silahkan dikomentari tulisan ini. Mari berjuang bersama kawan, untuk perguruan tinggi yang kita inginkan! Semangat kawan!

12 thoughts on “Next Destination : STEI or Fasilkom?

  1. Waaa, ada juga anak 5 yang considering buat masuk fasilkom!! kekeke~ Saya anak fasilkom 2012 plus v12 dan sendirian disini hahaha ke fasilkom aja biar ada temen dari 5 juga nih huahahaha

  2. Dulu waktu kelas 10 saya juga udah punya bayang bayang akan masa depan saya dan waktu itu saya pengen berat masuk HI walaupun saya masuk ipa. Tapi seiring masuk ke kelas 11 malah terlalu asik nikmatin waktu sampe gak kerasa udah kelas 12 lagi aja. Dan ternyata kelas 12 waktunya lebih singkat lg. Keinginan awal masuk HI lama lama luntur dan sekrang saya kuliah di jurusan yg sama sekali gak pernah disangka sangka hahaha. Semoga diberikan yg terbaik ya sat dan tercapai tujuannya🙂

  3. Nggak sengaja ketemu blog ini🙂 Saya dulu sekolah di SMAN 5 Bandung. Saya anak SMAN 5 pertama yang masuk Fasilkom UI (masuk UI tahun 1995). Semua pilihan kuliahnya (UI, ITB, UPI, ITS, UGM) bagus kok. Karena saya lihat kamu suka coding, sebaiknya memang ambil kuliah ke IT. Saya sendiri juga suka coding sejak SD dan mulai menulis di majalah programming sejak SMP.

    Prospek IT ke depan bagus sekali. Sekarang saya CEO salah satu perusahaan application development terbesar di Indonesia. Go ahead, catch up your dream🙂 Mudah-mudahan sukses ya🙂

Leave a Reply

