Haruskah Kita Terus Mengeluh? Bersyukurlah!

Grave-Of-The-Fireflies-post

Assalamu’alaikum wr. wb.

Ada yang tahu gambar diatas?

Yup, gambar di atas adalah salah satu cuplikan dari sebuah film anime yang berjudul Grave of The Fireflies. Anime ini menceritakan tentang keadaan Jepang pada masa Perang Dunia II. Tokoh utamanya yaitu kakak beradik yang bernama Seita dan Setsuko. Banyak perjuangan yang mereka lalui untuk bertahan hidup, mulai dari mencari makanan dari puing-puing bangunan yang runtuh, meminta ke rumah seseorang, bahkan mencuri.

Satu hal yang saya tangkap, betapa menyedihkannya keadaan mereka. Lalu, lebih bahagia mana antara keadaan kita saat ini dan keadaan mereka pada masa itu? Dan, sudah sejauh mana kita bersyukur?

Pernahkah kita mengeluh? Ya, sering bahkan, termasuk saya juga suka mengeluh sebagai manusia biasa. Tentunya kita sering mengeluh karena kita tak lepas dari ego kita sebagai manusia.

Mengeluh itu normal, karena tentunya kita ingin mendapatkan yang lebih baik. Tapi mengeluh tentu ada batasnya, jangan sampai kita melampaui batas yang dapat merepotkan orang lain.

Lalu bagaimana? BERSYUKUR.

Bersyukurlah atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita. Saat ini kita telah diberikan kehidupan yang damai, diberikan makanan enak, minuman enak, pendidikan yang bermutu, dan lain sebagainya. Kita tidak perlu tinggal di pengungsian seperti yang Seita dan Setsuko alami.

Jika kita mengeluh, bayangkanlah bahwa masih banyak yang lebih buruk nasibnya daripada kita. Kita ini beruntung, kawan. Jika harga BBM naik, harga makanan naik, harga kebutuhan pokok naik, ketahuilah kawan, kita ini beruntung karena zaman dahulu mencari bahan pokok saja sampai harus menggali puing-puing bangunan yang runtuh.

Daripada kita mengeluh, perbanyaklah bersyukur. Masih banyak hal lain yang harus kita lakukan daripada banyak mengeluh.

Semoga kita senantiasa dijadikan hamba Allah yang beruntung dalam segala keadaan, amin.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

“Dan hendaklah bertakbir atas anugerah yang telah Allah berikan. Semoga kalian menjadi hamba-Nya yang bersyukur.” (QS al-Baqarah [2]: 185)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s