Terlalu realistis, melupakan mimpi

Percakapan ketika kecil,

“Nak, kamu kalau sudah besar mau jadi apa?”

“Mau jadi dokter, bu!”

Percakapan saat menjelang kuliah,

“Kamu mau kuliah dimana, nak?”

“Ambil sastra aja kayaknya. Aku mau kedokteran, cuma passing gradenya tinggi.”

Ketika mengingat kembali masa-masa kecil kita, rasanya keren ya bisa ngomong cita-cita pas gedenya tanpa ada beban. Lu bebas mau ngomong apapun cita-cita lu, karena kepolosan masa kecil dulu. Semakin kesana dan kesana, dari TK ke SD, SD ke SMP, SMP ke SMA, dan menjelang lulus SMA mendadak ambisi itu mulai luntur dengan berbagai pemikiran yang memberatkan.

“Passing gradenya tinggi..”

“Rangking gua di kelas gak tinggi-tinggi amet bro”

Dua alasan itu yang umumnya dikeluarkan oleh kita yang sempat merasa tidak pede saat memilih jurusan.

Tadi sewaktu di perjalanan ke Bekasi, terdengar ucapan yang lumayan membuat gua berpikir, yaitu : “Dulu anak diterima di ITB itu bisa dibilang prestasi. Tapi sekarang anak diterima di ITB tuh biasa karena jalurnya banyak”.

Kesimpulan : Banyak jalan menuju Roma bro!

Meskipun gua masih kelas 11, gua udah mulai bikin planning jurusan dari sekarang. Menurut gua, kuliah dimanapun jadi asalkan jurusannya sesuai dengan minat kita. Banyak orang yang masih memiliki mindset, “Kuliah jurusan apa aja yang penting disitu tempatnya”.  Mari kita ubah mindset kita. Mau swasta atau negeri, mau UI atau ITB, mau Binus atau Telkom, pilih yang jurusannya lu minati, bukan tempatnya yang keren atau terpamor se-Indonesia.

“Bro, gua mau masuk FK UI/STEI ITB, tapi nilai rapot gua kecil dan rangking gua rendah banget di kelas. Gua harus gimana?”

Jalur masuk gak cuma SNMPTN kan? Masih ada SBMPTN. Dan untuk UI pun ada jalur SIMAK juga. Bahkan kalo lu berprestasi di kejuaraan nasional/internasional semacam OSN atau Ipho, bisa jadi poin lebih buat diterima disana.

Ayo kawan, semangat buat terus mengejar mimpi kita!😀

Leave a Reply

