About CSPC Dinamik9

Tanggal 14 Februari kemarin sebagian orang ada yang merayakan Valentine, dan turut berduka cita juga terhadap korban-korban Gunung Kelud😦 (btw Bandung kena juga abu vulkanik dari Gunung Kelud,ckck). Tetapi tanggal 14 Februari kemarin juga saya sedang asik ria.. dengan soal-soal programming di UPI. Ya alhamdulillah ini final kedua yang saya ikuti setelah Compfest 2013 kemarin yang berakhir dengan hasil yang suram. Tapi di final ini saya memberikan hasil yang memuaskan (skor saya sama dengan juara 2 sampai kebawahnya, hanya beda waktu pengumpulan *sigh)

Penyisihan

Saya mulai dari sewaktu penyisihan ya. Penyisihan berlangsung pada tanggal 9 Februari, sehari setelah KPXII Unpar. Btw soal KP Unpar itu susah banget -_- . Saya cuma accepted 1 soal dan itupun accepted setelah 8 kali submit. Tapi alhamdulillah ini perkembangan yang cukup baik setelah sebelum-sebelumnya saya suka nyampah di kontes dengan tidak accepted soal apapun🙂.

KP Unpar berlangsung onsite, tetapi tidak demikian dengan Penyisihan CSPC UPI. Penyisihannya berlangsung secara online. Penyisihan saya lakukan di warnet, haha. Lho kok warnet? Karena koneksi warnet terjamin kestabilannya, sedangkan modem flash saya kadang suka gak dapet sinyal, bete kan kalo tiba-tiba terputus pas tengah-tengah kontes -_-

Jam 12 selesai sholat dzuhur, saya langsung bergegas ke warnet. Di kantong sudah ada flashdisk yang diisi dengan installer Devcpp. Sengaja saya datang lebih awal sejam supaya ada waktu untuk menyiapkan IDE dan Compiler yang dibutuhkan. Selesai install dan test coding ‘Hello World’, saya isi waktu dengan buka socmed, haha. Serius, ini untuk membiasakan jari dengan keyboard yang berada di warnet.

Jam 1, kontes dimulai. Soal langsung saya buka, berikut beberapa soal yang saya sentuh.

Soal pertama : Sasuka

Soal ini intinya cari kata-kata yang bertumpukan. Setelah ketemu lalu ditulis kata setelah ditumpukan itu dan dihitung skornya. Rumus skornya yaitu jumlah kata yang ditumpuk dikalikan 10. Langsung kepikiran solusinya dan coding. Verdict pertama = Wrong Answer. Saya cek bug-bug yang ada, setelah 4 kali verdict tetap WA. Setelah itu baru nyadar kalau huruf yang bertumpukan gak cuma satu, bisa lebih. Langsung saya coding sampai kemungkinan huruf yang bertumpuk sebanyak 5, lalu saya submit, dan accepted. Accepted di menit 49, first solver!😀

Soal kedua : Lightoff

Soal ini sebenarnya saya kerjakan gara-gara ngelihat peserta lain accepted soal ini, langsung saya lihat soal ini. Penjelasannya lumayan panjang, tapi inti soalnya sebenarnya sangat simpel. Jika titik a dan titik diatas a, titik dibawah a,titik dikiri a, titik dikanan a hidup, maka matikan. Begitu juga sebaliknya. Langsung kepikiran ini flood fill. Coding solusinya, dan accepted langsung di submit pertama, 70 menit.

Soal ketiga: Bapatik

Setelah accepted Lightoff, saya lihat scoreboard. Ternyata belum ada yang accepted soal Sasuka ._., termasuk yang peringkat 1. Saya lihat soal lain yang belum disentuh peserta lain, yaitu Bapatik. Intinya mencari titik koordinat yang belum lengkap. Opsi bangunannya berupa persegi, persegi panjang, dan jajar genjang. Untuk persegi dan persegi panjang langsung dapat solusinya, intinya mencari nilai yang sama dari a,b,dan c. Jika dapat, lalu cari selisih dari variabel yang tersisa tadi. Tapi masalahnya jika bangunnya berupa jajar genjang. Coba solusi-solusinya, tapi tetap WA.

10 menit sebelum kontes berakhir saya lihat scoreboard, saya berada di peringkat 8. Saya pede bisa masuk final. Dan benarlah, setelah kontes dinyatakan berakhir saya tetap berada di peringkat 8, alhamdulillah masuk final🙂

imba

Final

Final berlangsung pada tanggal 14, seperti yang saya jelaskan di awal post. Dari Bandung ada 3 orang (untung ada temen). Final berlangsung pas hari sekolah,haha. Untungnya sekolah sudah memberi keringanan dispensasi sehingga saya bisa mengikuti final dengan tenang. Saya berangkat ke UPI jam 6 pagi, barengan sama Faisal dari SMAN 2 yang lolos final (juga). Suci – Setiabudhi (lokasi kontes) suka macet kalo pagi begini, makanya saya berangkatnya pagi-pagi. Kita sampai di UPI jam 7.

Kita parkir motor di FPMIPA C, lalu ke FPMIPA A. Kita masuk ke kantinnya dan makan sebentar disitu. Lalu ke Gedung Ahmad Sanusi yang jadi tempat pembagian sertifikat dan hadiah, disana kita ketemu Gianfranco. Lalu kita kembali lagi ke FPMIPA C yang dijadikan lokasi kontes. Sesampai sana jam sudah menunjukkan pukul 8, ada 1 orang disitu. M.Habib, termasuk 5 besar saat kontes. Masih tenang, ada peluang menang. Lalu datang Turfa Auliarahman, termasuk 5 besar juga.  Masih tenang saat itu. Tapi, ketenangan itu berakhir setelah seorang perempuan berkacamata datang,  aargh tidak! Dialah yang menduduki peringkat pertama penyisihan kemarin, Stacia Edina.

Jam setengah 9 peserta dipersilahkan ke lab tempat kontes berlangsung. Asiknya disini peserta bebas milih komputer sendiri,haha. Langsung aja saya ambil yang paling depan. Ternyata keyboardnya aneh, tombol shiftnya gak panjang dan letak backspacenya juga aneh. Akhirnya saya pindah ke komputer belakang yang keyboardnya enak. Kontes dimulai jam 9, saya mengisi waktu jeda untuk tes coding di Devcpp dan buka-buka forum Topcoder.

Jam 9 kontes dimulai. Saya buka soal pertama, Kocoblak. Soalnya panjang dan polanya agak rumit, saya skip. Lanjut ke soal kedua, KJSK. Soal Graph keluar! Saya masih belum bisa implementasinya, lanjut ke soal ketiga, yaitu dnapucs.

Kalau dilihat, ini semacam stack. Karena saya gak hafal perintah di STL <stack>, coba saya otak-atik polanya. Intinya jika DNA berupa abcde, jika perintah 3 kanan maka DNA diputar ke kanan sebanyak 3 kali, dan jika perintah 3 kiri maka diputar ke kiri sebanyak 3 kali juga. Saya corat-coret dan nemu polanya. Jika ke kanan maka caranya tukar huruf pertama dengan terakhir, huruf kedua dengan terakhir, dan seterusnya hingga huruf terakhir-1 dengan huruf terakhir. Sedangkan untuk ke kiri caranya tukar huruf pertama dengan kedua, huruf kedua dengan ketiga, dan seterusnya hingga huruf terakhir-1 dengan huruf terakhir.

Saya submit di menit ke 66, dan saya melakukan suatu kesalahan yang sangat ceroboh. Saya lupa mensetting compiler ke C++, maka berakhir dengan Compile Error. Submit kedua baru Accepted. Andai saja hal itu tidak terjadi, maka saya sukses berada di peringkat 6 -_-.

Saya cek scoreboard, hampir semua peserta baru AC di soal dnucps tadi. Masih ada peluang untuk juara! Maka saya coba ngerjain soal Kocoblak. Pusingnya itu misahin stringnya, dan saya gagal terus ngubah string ke integer jika n>10, padahal saya tahu pola soalnya. Saya coba atoi(), gagal juga. Akhirnya saya nekat pindah ke KJSK yang saya tidak tahu implementasinya. Ngerti juga polanya, tapi saya belum bisa graph. Akhirnya sisa waktu dipakai buat cari cara ngubah string ke integer. Kadang-kadang saya juga lihat kontestan depan saya, Stacia. Dia ngerjain KJSK, dewa. Saya lihat aja dia pas submit jawaban dan suka dagdigdug kalo AC >.<.

Scoreboard difreeze di menit 10 sebelum kontes berakhir, dan sebelum 10 menit ternyata Rakha Kanz AC yang Kocoblak O_O. Sampai kontes berakhir pun saya masih belum menemukan caranya.

Selesai kontes saya tanya ke Aldi Fahrezi, ternyata caranya diubah satu-satu dan dimasukkan ke array integer. Aargh kesalahan bodoh satu lagi, padahal kalo saya AC Kocoblak bisa dapat juara 2. Kontes berakhir dengan juara 7🙂

received_m_mid_1392422521050_a5da272822bb39e356_0

Cukup bangga dengan performa pas final, seenggaknya AC 1 soal. Semoga bisa ngasih yang terbaik di final selanjutnya🙂

Leave a Reply

