Kadang kita harus mengingat masa lalu

Selama kita masih bersekolah, biasanya kita hidup tidak jauh dari orangtua. Tentunya sudah lama kita hidup di dekat orangtua. Gua sendiri, sudah 17 tahun hidup dekat orangtua. Bagaimana dengan kalian?

Orangtua bermacam-macam tipenya. Ada yang baik dan sangat terbuka kepada anaknya, tetapi ada pula yang pendiam dan agak tertutup terhadap anak-anaknya.

Kemarin kebetulan gua baru namatin serial anime Clannad yang After Story, dan ada satu episode dimana membuat gua merenung cukup lama. Bahkan sedikit air mata gua keluar, serius.

CLANNAD-clannad-13735085-1280-720

Jadi ketika itu, Okazaki sedang menemani anaknya, Ushio, berjalan-jalan ke luar kota. Ketika di kebun bunga matahari, ia bertemu dengan neneknya. Setelah saling sapa dan saling senyum hangat, neneknya berkata, “Aku jadi ingat ketika kamu kecil dulu, ayahmu suka membawamu bermain kesini.”

Padahal dalam cerita sebelumnya bahwa hubungan Okazaki dengan ayahnya sangatlah buruk. Ayahnya hanya suka menghabiskan waktunya dengan mabuk-mabukan, makan snack, dan mendengar siaran radio pacuan kuda. Hingga akhirnya Okazaki memutuskan untuk tinggal berpisah dengan ayahnya. Ia kadang tinggal di kostannya Sunohara, atau tinggal di rumah pacarnya Nagisa. Sejak saat itu ia selalu menganggap ayahnya tidak berguna, pemalas, tukang judi, pokoknya semua yang buruk dilontarkan kepadanya.

Kadangkala kita suka kesal ke orangtua kita, baik ayah atau ibu. Itu wajar karena keegoisan kita. Tapi coba kalian ingat masa-masa kecil kalian ketika kalian masih dimanja oleh orangtua seperti ditimang saat kita menangis, digendong keluar rumah, dibawa jalan-jalan ke taman bermain, dan hal menyenangkan lainnya. Semakin kita besar, semakin jarang kita punya waktu untuk keluarga. Apalagi untuk anak SMA yang bisa pulang sampai larut malam kalau ngurus acara.  Dari situlah keegoisan kita terhadap orangtua mulai terbentuk.

Yuk yang lagi marahan sama orangtua coba kita ingat perhatian orangtua ke kita saat kecil dulu, dan mulai dari sekarang meminta maaf ke mereka🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s