Kisah Benda Bundar #1

Kulihat orang berlalu lalang dengan sibuknya. Pedagang, anak sekolah, orang kantoran, dan lainnya. Aku hanya terdiam disini. Aku memang tidak bisa berjalan. Tapi dari sini aku bisa melihat jelas di depanku pemandangan kolong Jembatan Pasupati ini. Sebagian besar lainnya lebih memilih mengendarai kendaraan bermotor, brum brum. Derung kendaraan bermotor yang cukup berisik membuatku muak.

“Aa, kasian a. Minta uangnya buat makan a, punten”

Lagi-lagi suara majikanku yang kesekian kalinya di pagi ini. Aku benci dengan kata-kata itu. Kenapa aku diambil oleh orang semacam itu? Sudah rambutnya bau sekali karena lama tidak keramas, jadi semakin mual aku.

Kemarin malam majikanku yang terdahulu membawaku jalan-jalan di kawasan ini, aku pikir ini akan menjadi hari yang menyenangkan buatku. Ternyata tidak, sialnya angin kencang hadir di malam itu dan menarikku untuk terbang dan terjatuh di tempat sampah samping majikanku saat ini tertidur.

Sial, aku berpindah majikan dengan tingkat yang sangat jauh. Aku yang dulu wangi saat ini menjadi bau dan kumal.

Pagi berlalu menjadi siang. Aku melihat ke bawah, uang yang berada di kantong plastik majikanku sudah hampir penuh. Ia tersenyum senang, dan berjalan menuju tempat makan. Sesampainya di rumah makan kecil dekat Dipatiukur, ia duduk mengangkang sambil berteriak, “A, Djarum sabungkus jeung Kopi Tubruk nya!”

Sudah mengemis, ternyata rokok dan kopi yang dibeli, huh.

5 batang rokok dan segelas kopi tubruk habis olehnya, lalu ia tertidur. Tiba-tiba datang anjing dan kucing berkelahi di dalam tempat makan. Suasana menjadi gaduh saat itu, tetapi majikanku tetap saja tertidur pulas.

Aku tiba-tiba dibawa oleh si kucing dengan gigitannya, entah kemana.

Mau dibawah kemana aku sekarang?

Leave a Reply

